Ulat Pengerek Batang Pohon Mangga

Meskipun saya memiliki beberapa batang pohon mangga, tetapi saya sendiri baru tahu jika pohon mangga ternyata memiliki hama pengerek batang. Maksudnya hama pengerek batang, yaitu sejenis ulat yang dapat membuat lubang di dalam batang pohon mangga.

Biasanya hal ini ditandai dengan mengalirnya getah pohon mangga, jadi karena di dalam batang tersebut ada lubangnya, maka pohon mangga akan mengalirkan getahnya keluar karena ada luka di dalam. Pada saat anda mengorek lebih dalam batang tersebut, maka akan ada lubang yang cukup lebar, biasanya di dalam lubang tersebut masih ada ulatnya.

Waktu itu, ada tetangga yang mengingatkan saya, bahwa sebaiknya dahan pohon mangga yang sudah terserang hama tersebut, dipotong saja, karena sudah ada yang terserang ulat mengerek batang. Pemotongan ini berfungsi untuk mengamankan dahan, karena setelah terserang hama ini, maka dahan akan melemah, disebabkan rongga yang cukup besar di dahan tersebut. Pada saat dahan semakin lemah, maka dahan akan segera patah, yang jadi masalah yaitu jika sampai ukuran dahannya cukup besar, maka tentu saja ini bisa membahayakan apapun yang ada di bawahnya.

Baru-baru ini ada orang yang menyarankan agar menanam butrowali di sekitar pohon, jadi saat butrowali sudah menjalar di sepanjang batangnya, biasanya ulat pengerek tidak akan menyerang kembali. Boleh dibilang sebagai langkah pencegahan.

Saran lain yang saya terima, yaitu bisa juga lubang tersebut tidak perlu dibuka semua, tetapi hanya sedikit saja, sekedar untuk bisa memasukkan jarum suntik. Setelah itu tinggal suntikkan saja minyak sayur ke dalam lubang tersebut. Lalu setelah selesai tinggal ditutup saja lubang sisanya.

Jika memang pohon mangga tersebut sedang tidak berbuah, maka bisa juga kita membasmi ulatnya dengan menggunakan pestisida. Menurut mereka cara ini masih yang paling ampuh.

Mungkin anda mau menggunakan resep yang satu ini, jadi ada saran dari seseorang, dia menggunakan campuran tembakau sisa rokok dan bawang putih, keduanya lalu dihaluskan.

Setelah itu keduanya dimasukkan ke dalam botol dan diberi air, selanjutnya tinggal mengunggu saja sampai airnya berubah warna, setelah itu tinggal disaring dan airnya disemprotkan saja (akan lebih baik jika air rendaman ini ditambah Sunlight sebelum disemprot), dan sisa ampas tembakau dan bawang putih taburkan di sekeliling dahan (gunanya untuk mencegah agar semut tidak naik ke pohon).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan