Mengurangi Populasi Walang Sangit

Seperti kita tahu bahwa walang sangit merupakan hama yang cukup menjengkelkan dalam bidang pertanian, karena itu keberadaannya selalu menjadi ancaman bagi para petani. Saya baru saja mendapat saran dari salah seorang teman, tentang cara mengurangi serangan hama walang sangit di lahan pertanian kita.

Untuk mengurangi serangan hama walang sangit sebenarnya ada dua hal yang perlu dilakukan, yang pertama kita harus membersihkan semua gulma atau rumput liar, dan semua jenis tanaman rindang yang ada di sekitar tanaman yang kita budidayakan.

Hal ini dikarenakan walang sangit suka berkembang biak di tempat-tempat yang seperti itu, jadi daerah yang rumput dan tanaman liarnya lebat, bisa dijadikan sebagai tempat berkembang biak walang sangit. Selain itu pohon-pohon yang rindang juga dapat menjadi tempat yang disukai walang sangit untuk berkembang biak, jadi bisa juga anda sekalian memangkas pohon-pohon yang terlalu rimbun daunnya.

Jadi, dengan mengurangi tempat mereka berkembang biak, maka walang sangit sesegera mungkin akan mencari tempat lain yang lebih ideal.

 

Hal kedua yang bisa anda lakukan untuk mengurangi serangan hama walang sangit, yaitu dengan melakukan pengasapan. Untuk pengasapan ini sendiri agar lebih efektif, maka sebaiknya ditambahkan dengan menggunakan belerang, tetapi selain belerang pengasapan ini juga bisa ditambahkan lagi dengan menggunakan insek starban, atau jenis pestisida yang lain.

Pengasapan sendiri, sebaiknya dilakukan pada sore hari, yaitu pada saat walang sangit sudah akan mulai aktif mencari makan. Pengasapan sendiri bisa jadi tidak membunuh walang sangit secara langsung, tetapi setidaknya dengan pengasapan, maka dapat mengusir walang sangit dari lahan pertanian anda.

Demikianlah cara mengurangi serangan hama walang sangit yang diajarkan kepada saya, semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan