Mengatasi Tungau pada Tanaman Cabai dengan Bahan Alami

Beberapa waktu yang lalu, saya mendapat saran dari salah seorang petani cabe, yang mengatakan bahwa dia biasa membuat sendiri racun, yang biasa dia gunakan untuk mengatasi serangan tungau pada lahan miliknya. Bahan yang diperlukan hanyalah bawang putih dan tembakau.

Biasanya serangan tungau akan menyebabkan pucuk daun pada tanaman cabe menjadi kriting ataupun mati. Pastinya serangan seperti ini akan menyebabkan produktifitas tanaman cabai menjadi ikut turun.

Cara pembuatan obat tungau ini yaitu dengan mencampur 5 siung bawang putih dicampur dengan 200 gram tembakau, setelah itu kedua bahan tersebut dicampur pada air sebanyak 2 liter. Kemudian air hasil rendaman tersebut akan disemprotkan pada lahan yang terkena serangan tungau.

Orang yang memberi saran ini, juga mengaku bahwa cara ini memang cara alami yang aman bagi kesehatan manusia, tetapi hanya saja karena harga bahannya yang mahal, maka menyebabkan harga obat tungau ini menjadi tidak ekonomis. Tetapi jika tanaman anda adalah jenis tanaman organik yang harganya mahal, maka obat tungau ini kemungkinan besar masih bisa dijangkau.

 

Sebenarnya ada cerita lain dari petani cabe yang sudah mengaplikasikan obat tungau ini, dia mengatakan bahwa obat tungau alami seperti ini, sudah tidak mempan lagi untuk mengatasi serangan tungau di lahan miliknya. Terutama sekali karena petani yang ada di sekitar lahan miliknya, semua menggunakan obat kimia untuk membasmi tungau.

Akibatnya tungau yang ada di sana, sudah kebal terhadap obat-obatan yang biasa. Bahkan setelah dosis obat tungau alami ini ditambah sekalipun, tetap saja tidak dapat mengatasi serangan tungau.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan