Cara Merawat Pohon Buah Naga agar Berbuah diluar Musimnya

Alasan untuk membuat pohon buah naga dapat berbuah diluar musimnya, yaitu karena harga jual buah naga saat tidak musim bisa menjadi sangat mahal, dan ini berbeda jika buah naga sedang berada dalam kondisi panen raya, pastinya harga akan jatuh dan bisa menjadi sangat murah.

Hal yang harus dilakukan agar buah naga dapat berbuah di luar musimnya yaitu, pertama anda setidaknya perlu menanam pohon buah naga pada setengah hektar lahan, selanjutnya anda perlu memasang lampu penerangan pada seluruh areal penanaman. Tujuannya agar buah naga tetap dapat melakukan fotosintesis pada saat malam tiba, dengan demikian maka laju pertumbuhan buah naga dapat ditingkatkan. Berdasar pengalaman dari orang yang memberikan saran ini, dia biasanya memanen buah naganya sampai 3 kali dalam setahun.

Orang yang memberikan saran ini mengatakan bahwa di lahan miliknya dia menanam buah naganya dengan jarak 4×1 meter. Selain itu di sekeliling lahan juga perlu dibuat got-got penampungan air, tujuannya agar saat musim hujan, air yang berlebih dapat cepat dibuang. Lalu untuk musim kemarau got tersebut dapat digunakan untuk membantu melakukan pengairan.

Buah naga memang merupakan jenis tanaman kaktus sehingga kebutuhan airnya memang tidak terlalu banyak. Jadi, sekiranya pohon buah naga sudah terlihat hijau dan sehat, maka itu sudah cukup, dan tidak perlu disiram terus secara rutin. Perawatan rutin yang malah harus sering dilakukan oleh pemilik adalah pemangkasan dahan kering dan dahan yang tidak menghasilkan buah.

Mungkin yang agak panjang yaitu soal cara mengawinkan buah naganya agar dapat maksimal, tetapi cara mengawinkan buah naga ini akan dibahas dalam artikel yang lain. Karena jika hanya mengandalkan cara kawin yang alami dengan bantuan lebah dan angin, maka hasilnya menjadi kurang maksimal.

Sisanya adalah pemupukan secara rutin setiap beberapa waktu sekali, sedangkan jumlah pupuk dan dosis pupuknya disesuaikan saja dengan kondisi lahan anda masing-masing, karena memang tidak ada yang khusus. Lalu untuk anda yang menggunakan tiang peyangga dari batang tanaman yang hidup, usahakan agar rajin melakukan pemangkasan, yang ditakutkan jika batang tanaman itu akan berebut makanan dengan pohon buah naga kita.

Dalam proses budidaya buah naga di artikel ini memang tidak ada hal yang terlalu khusus untuk dibahas, karena kunci utama yang ingin ditekankan adalah soal pemasangan bohlam lampu di atas areal lahan penanaman, untuk memacu pertumbuhan buah naganya.

 

Hal penting lain, yang perlu diperhatikan agar usaha ini bisa berhasil adalah pemilihan bibit yang tepat, yang kualitasnya baik dan yang unggul. Memang harganya mahal, tetapi pastinya hal ini akan secara langsung berdampak pada hasil panen nantinya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan