Menjadikan Daun Lamtoro sebagai Pakan Ternak

Daun lamtoro (toro), atau yang biasa juga disebut sebagai daun petai cina, memang jenis tanaman yang cepat tumbuh besar dan memiliki daun yang terlihat menggiurkan untuk dijadikan pakan ternak. Hanya saja, masih banyak peternak kambing dan sapi yang ragu untuk menjadikan daun lamtoro sebagai pakan hewan ternak mereka.

Saya sendiri harus mengakui, beberapa orang peternak kambing yang sudah mencoba memberikan daun lamtoro, ternyata kambing peliharaannya langsung mengalami kembung, dan peternak lain mengatakan bahwa setelah mengkonsumsi daun lamtoro ternyata domba peliharaannya jadi mencret. Jadi memang ada banyak suara sumbang yang mengatakan bahwa daun lamtoro bisa berdampak buruk bagi kesehatan ternak.

Meskipun ada peternak lain, yang mengatakan bahwa hewan peliharaannya baik-baik saja, setelah mengkonsumsi daun lamtoro. Tetapi tetap saja banyak peternak yang merasa takut menjadikan daun lamtoro sebagai pakan ternak mereka. Karena itu pada artikel ini saya akan membagikan bagaimana cara membuat daun lamtoro bisa dijadikan sebagai pakan ternak.

Peternak yang mengatakan bahwa hewan peliharaannya baik-baik saja, dia bercerita bahwa dia hanya memberikan daun lamtoro yang sudah tua saja, dan sebelum diberikan kepada kambing peliharaannya daun petai cina tersebut akan dilayukan terlebih dahulu. Caranya bisa dibiarkan begitu saja, atau bisa juga dijemur sebentar di bawah terik matahari.

Dia berpendapat bahwa semua daun-daunan itu sebenarnya mengandung racun, dan setelah daun-daun tersebut dilayukan, maka kandungan racunnya bisa berkurang banyak, sehingga aman dijadikan pakan ternak.

Lagi pula pohon lamtoro adalah jenis tanaman yang dapat tumbuh besar dengan cepat, dan termasuk jenis tanaman yang tahan kekeringan, sehingga bisa dijadikan sebagai cadangan pakan ketika musim kemarau tiba. Karena potensinya itu, maka sayang jika tidak dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan