Harga Bibit Rumput Odot dan Ongkos Kirimnya

Untuk peternak kambing dari daerah saya dulu, sebagai awal menanam rumput odot, mereka membeli bibitnya dari salah seorang pemasok di Kediri – Jawa Timur. Lalu saat ini rumput tersebut sudah berkembang menjadi banyak, maka setelah pebelian pertama itu, rumput tinggal disebar saja di lahan milik peternak kambing yang lain.

Pada waktu itu harga bibit rumput tersebut Rp 100.000 (seratus ribu), untuk kemasan satu karung. Jika dihitung mungkin dalam satu karung tersebut berisi sekitar 600 – 650 batang bibit rumput odot.

Dan setelah ditanam ternyata dalam satu karung bibit cukup untuk ditanam pada lahan sekitar 20 x 20 meter. Pada waktu itu kami mengambil sendiri bibit rumput tersebut ke Kediri, karena memang jaraknya yang masih bisa terhitung dekat.

Tetapi mereka yang ditugaskan membeli bibit tersebut mengatakan, bahwa sebenarnya dari pihak suplyer bersedia untuk mengirim bibit odot tersebut ke seluruh pulau Jawa. Hanya saja, harga rumputnya akan ditambah dengan ongkos kirim.

Misalnya untuk pengiriman di sekitar Jawa Timur biayanya Rp 40.000 – Rp 50.000. Untuk ke Jawa Tengah bianya sekitar Rp 60.000an. Untuk Jawa Barat biayanya sekitar Rp 80.000an. Terakhir untuk ke Jabodetabek, biayanya sekitar Rp 90.000an.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan