Manfaat Tanaman Enceng Gondok

Seperti anda ketahui, bahwa tanaman enceng gondok merupakan tanaman air yang sangat cepat pertumbuhannya. Bahkan di beberapa danau atau embung, pertumbuhannya sampai tidak terkendali. Yang jadi masalah berikutnya adalah, jumlah tampungan air yang akan menurun, karena akar enceng gondok membuat lumpur pada dasar danau mengendap, dan akhirnya menyembabkan pendangkalan.

Dengan pertumbuhan enceng gondok yang sangat cepat, maka para peternak ikan dengan sistem jaring apung akan menjadi resah, karena akan langsung berdampak pada usaha mereka.

Meskipun dari segi ekologis banyak yang mengakui, jika tanaman enceng gondok dapat meningkatkan kualitas air. Misalnya saja dapat mengurangi pencemaran air karena limbah detergen rumah tangga, ataupun racun dari limbah pertanian. Yang pada akhirnya dapat membuat kualitas air menjadi lebih baik.

Tetapi jika jumlahnya terlalu banyak, maka tanaman enceng gondok bisa menyebabkan pendangkalan danau/waduk. Hal ini dikarenakan akar tanaman enceng gondok bisa menahan lumpur yang hanyut bersama aliran air. Jika hal ini terjadi, maka pastinya akan berdampak langsung pada usaha budidaya yang ada di sana.

 

Meskipun demikian, ternyata saat ini tanaman enceng gondok tidak hanya menjadi musuh peternak saja, karena dapat digunakan sebagai bahan baku kerajinan, bahkan sudah banyak produk yang dihasilkan. Dengan dijadikan sebagai bahan baku kerajinan, maka jumlah enceng gondok yang diperlukan bisa sangat banyak.

Belum lagi jika enceng gondok tersebut jika sudah dimanfaatkan sebagai bahan baku pupuk kompos, maka jumlah bahan baku yang diperlukan akan menjadi lebih banyak lagi. Jika dikeringkan, maka enceng gondok dapat dijadikan sebagai media untuk cangkok, tentu saja media cangkok inipun dapat dijual dan dapat menghasilkan uang.

Enceng gondok juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak, misalnya saja bebek, entok, lele, patin, dan ternak yang lain. Untuk resep membuat pakan ikan patin anda dapat mencoba merebus 5 Kg tanaman enceng gondok, lalu setelah dingin campurkan dengan 1 Kg dedak, lalu biarkan semalaman, lalu pakan siap untuk diberikan pada ikan. Resep ini sudah diujicoba oleh salah seorang peternak, dan dia mengatakan bahwa pengeluaran untuk pakan ikannya dapat dihemat.

Dengan semua pemanfaatan tanaman enceng gondok tersebut, maka laju pertumbuhan enceng gondok di alam dapat ditekan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan