Cara Membuat Perangkap Lalat Buah

Serangan lalat buah, bisa menjadi sangat menjengkelkan, karena serangan ini akan merusak buah yang hampir matang. Biasanya serangan lalat buah ditandai dengan sebuah titik pada buah, yang disekeliling buah tersebut membusuk. Akibat serangan lalat buah bisa fatal, dan berdampak secara langsung mengurangi jumlah panen, karena jumlah panen berkurang, maka penghasilan petani akan langsung menurun.

Ada salah seorang teman yang mengatakan, bahwa dia berhasil membuat jebakan di kebun cabainya untuk mengurangi populasi lalat buah. Jebakan ini cukup mudah dibuat, dengan peralatan yang sederhana. Berikut adalah cara pembuatan jebakan yang dia ajarkan.

Pertama botol plastik air mineral atau botol minuman soda diberi lubang terlebih dahulu, kemudian pada bagian dalamnya diberi petroganol. Selanjutnya seluruh bagian luar botol bekas tersebut dibaluri lem tikus, sebenarnya bisa juga menggunakan jenis lem jenis lain, tetapi menurut dia bahwa lem tikus adalah jenis lem yang paling mudah dia dapatkan.

Kemudian selanjutnya tinggal kita gantung saja botol tersebut di dekat tanaman budidaya kita. Jika lahan pertanian kita cukup luas, maka sebaiknya setiap jarak tertentu diberi satu jebakan ini. Tujuannya untuk meningkatkan jumlah tangkapan lalat buahnya. Logikanya, jika semakin banyak jebakan yang kita tebar, maka akan semakin banyak juga lalat buah yang bisa kita tangkap.

Tetapi jika memang anda lebih memilih untuk tidak menggunakan umpan, maka anda bisa mengolesi botol bekasnya dengan menggunakan glumon, dan tinggal di pasang saja seperti contoh di atas. Di toko pertanian dekat rumah saya saya, glumon yang kemasan 50 ml dijual dengan harga Rp 35.000, sedangkan yang kemasan 100ml dijual dengan harga Rp 60.000. Jadi, jika anda menggunakan glumon, maka lalat buahnya akan menempel pada lapisan glumon yang dioleskan pada botol tersebut.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan