Cara Membuat Nasi yang Kita Masak Menjadi Lebih Enak

Beberapa waktu yang lalu, saya mendapat saran dari salah seorang kenalan, tentang cara memasak nasi agar terasa lebih enak dari biasanya. Untuk beras yang digunakan di sini adalah beras yang biasa kita gunakan di rumah kita masing-masing.

Berikut adalah caranya:

  1. Untuk mendapatkan hasil nasi yang lebih kenyal : maka, anda dapat menambahkan sedikit garam dan minyak pada beras yang akan anda masak.
  2. Untuk mendapatkan hasil nasi yang lebih wangi : maka, anda dapat menambahkan sedikit cuka pada air memasak nasi
  3. Agar nasi sisa kemarin nampak seperti nasi baru lagi: maka saat mengukusnya, taburkan sedikit garam pada nasi lama yang akan dikukus.

 

Selain itu ada beberapa tips dan informasi tentang beras dan memasak nasi :

  1. Dalam mencuci beras, tidak boleh lebih dari tiga kali proses pencucian, karena saat beras dicuci lebih dari tiga kali, maka serat yang ada di dalam beras akan menghilang. Selain itu wangi yang ada di dalam beras juga akan ikut menghilang.
  2. Agar nasi yang dihasilkan terlihat sangat penuh, maka sebelum dimasak, rendam dulu beras setidaknya selama satu jam penuh. Hal dikarenakan beras yang akan dimasak tersebut, akan menyerap air rendaman, sehingga bisa membuat nasi yang dihasilkan terlihat penuh.
  3. Perbandingan beras dan air ketika memasak nasi adalah 1:12, atau jika menggunakan rice cooker atau magic com, maka anda dapat mengukur air yang digunakan dengan menggunakan jari telunjuk anda, ukurannya sampai kubu pertama jari telunjuk tersebut, diukur dari permukaan beras yang rata.
  4. Untuk menghasilkan nasi yang enak dari beras lama yang sudah berbau apek : Biasanya setelah beras disimpan lama, maka aroma nasi yang dihasilkan akan menjadi tidak sedap lagi. Cara untuk mengatasinya, yaitu saat anda mulai proses memasak, anda dapat menambahkan sedikit garam pada beras yang akan dimasak tersebut, dan nasi tersebut akan terlihat dan tercium seperti nasi dari beras baru.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan