Posisi Log Jamur yang Baik: Tidur atau Berdiri

Sebenarnya untuk para pembudidaya jamur tiram yang baru saja memulai budidaya, penempatan posisi baglog log jamur kadang menjadi pertanyaan, yaitu manakah posisi baglog yang lebih baik, apakah dalam posisi berdiri atau dalam posisi tidur?

Untuk saya pribadi bahwa selama ini, hampir semua pembudidaya jamur yang saya temui selalu memposisikan baglog mereka dalam posisi tidur. Dan selama ini pula saya mendengar bahwa hasil panen yang mereka peroleh sudah cukup banyak, dan selama ini mereka sama sekali tidak memiliki masalah dengan posisi baglog seperti itu.

Namun ternyata ada salah seorang pembudidaya yang mengatakan bahwa jamur yang dihasilkan dari baglog yang posisinya berdiri akan memiliki bobot timbangan yang lebih berat dari pada yang diposisikan tidur.

Hanya saja, kualitas jamur yang dihasilkan dari posisi baglog tidur akan lebih baik kualitasnya jika dibandingkan dengan yang posisinya berdiri. Kualitas tersebut terlihat sangat mencolok ketika jamur tersebut dijadikan sebagai bahan baku pembuatan makanan olahan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan