Tips Memasak Daging agar Hemat Bahan Bakar

Dalam mengolah daging sering kali memerlukan waktu yang cukup panjang agar terasa empuk. Tetapi jika daging terus-menerus dimasak di atas bara api, maka cara ini akan membuat bahan bakar yang digunakan menjadi cepat habis.

Seorang teman pemilik restoran Padang mengatakan bahwa dia menggunakan rumus 5 : 30 : 7, yaitu daging dimasak dalam air mendidih selama 5 menit, lalu setelah itu api dimatikan dan panci ditutup, selanjutnya diamkan kondisi ini selama 30 menit. Setelah itu nyalakan lagi kompor dan masak daging selama 7 menit.

Gunakan rumus ini sampai didapatkan daging yang empuk sesuai selera kita masing-masing. Memang dengan begini maka waktu memasak menjadi lebih lama, tetapi bahan bakar memasak yang digunakan bisa menjadi lebih hemat. Teknik ini sudah dia gunakan berkali-kali, dan selalu berhasil.

Tetapi jika dipikirkan dengan baik, bahwa sebenarnya air yang mendidih itu masih memiliki kandungan panas yang cukup untuk memasak makanan, dan setelah airnya menjadi lebih dingin, air dipanaskan lagi. Dan dengan mengulang cara seperti ini berulang-ulang, maka daging dapat menjadi lebih empuk dengan menggunakan bahan bakar yang lebih sedikit.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan