Membuat Pestisida Alami dari Puntung Rokok

Mungkin sebagian dari anda, sudah tidak asing lagi dengan air rendaman tembakau, yang biasa dijadikan sebagai pestisida tanaman. Bahkan beberapa kenalan saya, sudah membuktikan bahwa air rendaman tembakau ini, bisa digunakan untuk mengusir berbagai jenis hama tanaman.

Dalam pembuatan pestisida dari puntung rokok ini mudah, anda tidak perlu membeli rokok yang utuh, tetapi anda hanya perlu mencari sisa rokok yang belum habis terbakar. Apalagi jika rokok tersebut adalah jenis kretek, maka pada bagian pegangannya tidak akan ikut terbakar, dan semua pegangan rokok tersebut terbuat dari tembakau seluruhnya. Sehingga bagian tersebut masih bisa kita kumpulkan dan kita gunakan.

Anda cukup mencari puntung rokok sisa yang masih ada tembakaunya. Lalu hancurkan puntung rokok tersebut di sebuah gelas, sehingga tembakaunya tercerai-berai. Selanjutnya, anda tinggal menyeduhnya dengan menggunakan air panas, lalu aduk-aduk sebentar dan tunggu sampai air menjadi dingin. Warna dari larutan tembakau ini mirip seperti warna teh.

Setelah dingin, maka tinggal kita saring saja larutan tembakau tersebut, karena yang akan kita gunakan adalah bagian airnya saja. Untuk saringannya sendiri bisa menggunakan saringan teh, ataupun kain yang sudah tidak terpakai. Lalu tinggal campurkan air seduhan tembakau tersebut di wadah penyemprot tanaman, dan siap untuk digunakan.

Penyaringan juga berfungsi agar ampas tembakau tidak menyumbat dan mengganggu kinerja dari alat penyemprot kita.

Cara ini mudah, murah dan bisa diaplikasikan untuk berbagai jenis tanaman, terutama untuk tanaman pangan yang akan kita konsumsi sendiri. Jadi, bisa lebih organik dan lebih sehat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan